Cak Imin Larang Bendera PKB Dibuat di Atas Merah Putih!

| Selasa, 06/11/2018 13:05 WIB
Cak Imin Larang Bendera PKB Dibuat di Atas Merah Putih! Cak Imin menyampaikan pidato kebangsaan disela deklarasi di Depok (dok @cakimiNOW)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki bendera baru yang memuat lambang, nomor urut 1 peserta Pemilu 2019, dengan warna dasar dominan warna putih dipadu warna merah.

Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar berujar, batas antara merah dan putih dibuat runcing serupa tanda centang. Sehingga dominasi warna putih dibalik logo PKB tidak identik dengan bendera Merah Putih.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini pun melarang seluruh kader PKB mendesain bendera PKB di atas bendera Merah Putih. Dia menegaskan logo PKB tidak boleh diletakkan di atas bendera Merah Putih.

“Perhatian kepada semua kader, bahwa bendera PKB tidak boleh dibuat di atas bendera merah putih, yang benar adalah: bendera PKB di atas kain putih dengan centang merah tidak dominan, harap diperhatikan!,” tulis Cak Imin di laman twitter pribadinya @cakimiNOW, Selasa 6 November 2018.

Sebelumnya, Wasekjen DPP PKB, Daniel Johan menegaskan tidak ada yang perlu diperdebatkan mengenai model bendera baru milik PKB. Hal tersebut dikatakannya untuk mencegah anggapan PKB melecehkan lambang negara lantaran mengkombinasikan bendera merah putih dengan lambang partai.

Daniel menilai bendera dengan kombinasi semacam itu digunakan untuk kepentingan sosialisasi partainya di seluruh Indonesia. Desain garis yang memisahkan warna merah dan putih juga tidak lurus mendatar atau horizontal seperti pada bendera kebangsaan Indonesia.

"Benar. Bukan hanya di cabang, tapi didesain khusus untuk kampanye resmi sosialisasi PKB nomor urut 1 se-Indonesia, di jalan-jalan. Bukan bendera Indonesia merah putih," ucap Daniel.

Tags : Cak Imin , Bendera PKB , Merah Putih

Berita Terkait