Banyak Tak Lulus CPNS, Menpan RB Terapkan Sistem Ranking

| Selasa, 13/11/2018 11:23 WIB
Banyak Tak Lulus CPNS, Menpan RB Terapkan Sistem Ranking Presiden Jokowi lantik Komjen Syafrudin jadi Menteri PANRB (foto: setkab)

DEPOK, RADARBANGSA.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) Syafruddin mengakui seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sangat berat. Terlebih batas passing grade tahun ini dinaikan dari tahun sebelumnya, sehingga banyak yang tidak lulus dalam ujian CPNS 2018.

"Kenapa banyak yang tidak lulus, peminatnya itu 3,5 juta formasinya hanya 238 ribu jadi tidak sampai 10%. Jadi memang banyak yang tidak lulus karena sangat kompetitif persaingannya berat sekali," ujar Syafruddin di Universitas Indonesia, Depok, Senin 12 November 2018.

Mantan Wakapolri ini mengaku sydah mengevaluasi hasil seleksi CPNS tahun ini. Dia mengatakan apabila target 283 ribu kursi belum terpenuhi, maka akan diterapkan sistem ranking.

"Jadi kita bisa bayangkan kalau 3,5 juta kalau hanya sekitar 8 persen misalnya pasti banyak yang gugur kalau dibuka passing grade-nya banyak yang lulus. Mana kala tidak cukup nanti di 283 ribu, kita akan ambil ranking di bawahnya," lanjutnya.

Syafrudin juga mengakui jika kuota yang disediakan tahun ini tidak sebanding dengan jumlah pendaftar yang membludak. Menurut Syafrudin, prosesntase pendaftar CPNS tidak sampai 1 banding 10 karena kemampuan negara saat ini hanya bisa 238 ribu.

Disinggung terkait dinaikannya passing grade dari tahun ke tahun, Syafrudin berasalan untuk mendapatkan hasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Ia juga menyebut jika passing grade tidak dinaikan tidak maka tidak mendapatkan SDM yang Profisional di tingkat Aparatur Negara.

"Pasing grade tinggi jadi banyak yang jatuh ya memang gitu jadi dari tahun ke tahun passing grade kita selalu perbaiki atau naikan tiap tahun sekarang lebih tinggi dari tahun sekarang supaya kita dapatkan yang lebih kompetitif, kalau tidak dinaikan nanti bisa jadi enggak bagus, jadi kalau dinaikan bisa kita bisa dapet SDM yang lebih bagus dan profesional," pungkas dia.

Tags : CPNS , 2018 , Menpan RB

Berita Terkait