Bermula dari Hoaks Ratna Sarumpaet, Polisi Tangkap Penipu `Uang Raja-Raja`

| Selasa, 13/11/2018 14:49 WIB
Bermula dari Hoaks Ratna Sarumpaet, Polisi Tangkap Penipu `Uang Raja-Raja` Polisi menggelar jumpa pers terkait kasus penipuan Uang Raja-Raja oleh 4 tersangka (foto konfrontasicom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bermula dari kasus penyebaran berita bohong alias hoaks dengan tersangka Ratna Sarumpaet, polisi akhirnya mengungkap sekaligus menangkap empat tersangka kasus penipuan uang sebesar Rp 23 triliun dengan modus memalsukan surat-surat dari Bank Indonesia (BI), yakni HR (38), DS (55), AS (58), dan RM (53) di tempat yang berbeda.

Ratna ternyata turut menjadi korban penipuan dan mengalami kerugian senilai Rp. 50 juta. Sementara satu tersangka lainnya berinisial TSD masih diburu polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan jika TSD memiliki peran Yang cukup penting. Hal itu dikarekan TSD berperan sebagai pemalsu surat-surat Bank Indonesia (BI) yang digunakan untuk mengibuli Ratna Sarumpaet dan korban lainnya terkait pencarian dana raja-raja sebesar Rp 23 triliun.

"Jadi dia yang membuat surat biar korban itu percaya bahwa ada dokumen yang dikeluarkan oleh BI," ucap Argo di Polda Metro Jaya, Selasa 13 November 2018.

Argo belum bisa menjawab soal dugaan keterlibatan warga negara asing dalam sindikat tersebut. Dugaan itu menyusul adanya temuan berkas-berkas yang mencatut salah satu bank di Singapura. Dia hanya menyampaikan, polisi masih terus mengembangkan kasus tersebut termasuk dugaan keteribatan WNA.

"Kami belum mendapat info itu. tentunya karena bank yang digunakan di Singapura dan WB nanti kami dalami kembali apakah ada jaringan internasional atau hanya indonesia?," tutur Argo

Lebih lanjut, Argo juga mengatakan saat ini dirinya belum dapat berbicara banyak lantaran dalam perburuan terdapat sosok TSD. Sebab hingga saat ini pihaknya masih berkerja dan melakukan pengejaran.

"Jadi kami masih mencari penyidik masih bekerja nanti kita tungu saja seperti apa hasilnya," tandas Argo.

Tags : Ratna Sarumpaet , Hoaks , Uang Raja-Raja

Berita Terkait