Jembatan Padang-Bukittinggi Ambruk, Jokowi: Dibangun Maret 2019

| Kamis, 13/12/2018 19:18 WIB
Jembatan Padang-Bukittinggi Ambruk, Jokowi: Dibangun Maret 2019 Jembatan yang menghubungkan Padang-Bukittinggi, Pekanbaru terputus (foto: facebook @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan membangun jembatan Batang Kalu di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat pada Maret 2019 mendatang. Jembatan yang meaghubungkan Padang-Bukittiinggi itu putus diterjang banjir pada Senin 10 Desember 2018 lalu.

“Jika jembatan sementara selesai, pemerintah segera menyiapkan desain jembatan permanen. Setelah melalui proses tender, mudah-mudahan bisa mulai dibangun bulan Maret 2019, dan akan rampung bulan September atau Oktober 2019,” kata Presiden Jokowi melalui akun facebooknya @jokowi, Kamis 13 Desember 2018.

Untuk sementara, jalur Padang-Bukittinggi atau pun daerah lainnya seperti Pekanbaru dialihkan ke jalur Malalak atau Solok denna jarak belasan kilometer.

“Jembatan ini begitu penting karena ruas jalan Kota Padang - Bukittinggi adalah jalur strategis, salah satu urat nadi perekonomian Sumatra Barat. Ini jalur pariwisata ke Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, dan 50 Kota, jalur transportasi ke Provinsi Riau dan beberapa kabupaten kota lain, serta jadi jalur distribusi dan logistik pangan,” jelas Presiden.

Tags : Jokowi ,

Berita Terkait