Usai Ziarah, Gus Sholah dan Jokowi Ngobrol di Kamar Mbah Hasyim

| Selasa, 18/12/2018 19:37 WIB
Usai Ziarah, Gus Sholah dan Jokowi Ngobrol di Kamar Mbah Hasyim Gus Sholah dan Presiden Jokowi berbincang 4 mata di kamar KH. Hasyim Asyari di Ponpes Tebuireng (dok IG @ipangwahid)

JOMBANG, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim), Selasa 18 Desember 2018. Dalam kesempatan ini, Jokowi mengunjungi pondok pesantren dan bertemu dengan para kiai, ulama, dan santri yang ada di sana.

Tiba di Sidoarjo sekitar pukul 09.18 WIB, Jokowi langsung menempuh perjalanan darat ke Jombang. Sekitar pukul 10.45 WIB, Jokowi tiba di Jombang dan langsung berkunjung ke Pondok Pesantren Darul `Ulum untuk bersilaturahim dengan para kiai, ulama, dan santri.

Selanjutnya, Jokowi meresmikan Rusunawa Universitas Pesantren Darul `Ulum, dilanjutkan dengan mengunjungi Ponpes Mamba`ul Ma`arif Denanyar. Di tempat ini Jokowi meluncurkan program Bank Wakaf Mikro.

Sore harinya, Jokowi menuju Pondok Pesantren Tebuireng guna meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari. Setibanya di Tebuireng, Jokowi melakukan ziarah ke makam KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur didampingi oleh Menag Lukman Hakim Saifudin.

Mereka melantunkan tahlil dan doa yang dipandu oleh pengasuh Ponpes Tebuireng, KH. Sholahudin Wahid atau Gus Sholah. Tak berselang lama usai ziarah, Gus Sholah lalu mengajak orang nomor wahid di Indonesia itu memasuki ndalem Ponpes.

Tak hanya sekedar silaturrahim, Gus Sholah bahkan mengajak Jokowi berbincang empat mata di sebuah ruangam bersejarah, yaitu kamar hadratusyeikh KH. Hasyim Asy’ari.

“Beruntung bisa menjadi satu-satunya orang yang mengabadikan momen bersejarah di ruang bersejarah. Pak Jokowi berdiskusi 4 mata dengan Gus Sholah di kamar tempat KH Hasyim Asy’ari dahulu bertafakur dan shalat malam di Ndalem Kesepuhan Pesantren Tebuireng. Semoga barokah,” tulis putra Gus Sholah, Irfan Wahid di laman instagram pribadinya, @ipangwahid.

Pada petang harinya, Presiden akan menuju Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, untuk bersilaturahim dengan para santri. Selesai acara, Presiden akan menuju Surabaya untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Tags : Jokowi , Gus Sholah , Gus Dur

Berita Terkait