Kurangi Risiko Banjir Sultra, Pemerintah Bangun 3 Bendungan

| Jum'at, 21/06/2019 19:00 WIB
Kurangi Risiko Banjir Sultra, Pemerintah Bangun 3 Bendungan Menteri Basuki Hadjimuljono (kedua dari kiri) saat meninjau salah satu bendungan di Sultra (foto: pugoid)

KONAWE, RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan membangun tiga bendungan untuk mengurangi risiko banjir di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Apabila tiga bendungan tersebut selesai tugas kita mengatasi banjir akan lebih ringan,” kata Menteri Basuki Hadimuljono di Konawe, sebagaimana dilansir pu.go.id, Jumat 21 Juni 2019.

Menurut Basuki, bendungan pertama kini dalam tahap konstruksi yakni Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur dengan kapasitas 45,9 juta m3, dengan progres fisik mencapai 50% dan akan rampung tahun 2020.

Kedua, lanjutnya, bendungan Ameroro dengan kapasitas tampung 55,1 juta m3 di Kabupaten Konawe akan segera ditender pada tahun 2019 ini.

“Kemudian tahun 2020 akan disiapkan pembangunan bendungan dengan kapasitas yang jauh lebih besar yakni Bendungan Pelosika yang berkapasitas 822 juta m3 dengan membendung Sungai Konawe,” tambahnya. 

“Kita akan tambahkan dengan membuat tanggul sungai karena seperti kita saksikan tadi, posisi jalan sudah di bawah sungai sehingga perlu dilindungi dengan tanggul,” tukasnya.

Tags : Banjir Sulawesi Tenggara , PUPR ,

Berita Terkait