Indonesia Kecam Dewan Kota Oxford Beri Penghargaan Tokoh Separatis Papua

| Kamis, 18/07/2019 19:02 WIB
Indonesia Kecam Dewan Kota Oxford Beri Penghargaan Tokoh Separatis Papua Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengecam keras pemberian award oleh Dewan Kota Oxford, Inggris, kepada tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM), beberapa waktu lalu.

“Indonesia mengecam keras pemberian award oleh Dewan Kota Oxford kepada seseorang bernama Benny Wenda, pegiat separatisme Papua yang memiliki rekam jejak kriminal di Papua,” bunyi pernyataan resmi Kemenlu RI.

Kemenlu menegaskan, Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang konsisten dalam mendukung penuh kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan karenanya sikap Dewan Kota Oxford tidak punya makna apapun.

“Pemberian award  ini menunjukkan ketidakpahaman Dewan Kota Oxford terhadap sepak terjang yang bersangkutan dan kondisi Provinsi Papua dan Papua Barat yang sebenarnya, termasuk pembangunan dan kemajuannya,” tegasnya.

“Posisi Indonesia terhadap kelompok separatisme akan tetap tegas. Indonesia tidak akan mundur satu inci pun untuk tegakkan NKRI,” tegasnya lagi.

Tags : Kemenlu ,

Berita Terkait