BMKG: Indonesia Diguncang 840 Gempa Selama Juli 2019

| Rabu, 31/07/2019 18:53 WIB
BMKG: Indonesia Diguncang 840 Gempa Selama Juli 2019 Ilustrasi Gempa

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) mencatat selama bulan Juli 2019, Indonesia diguncang 840 kali gempa. Angka tersebut meningkat dari bulan lalu, yakni 735 kali gempa.

"Hasil monitoring kita selama Juli 2019 di Indonesia mengalami gempa bumi 840 kali. Ini terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan bulan lalu yang hanya 735 kali," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam konferensi pers Evaluasi Bencana Bulan Juli, di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, 31 Juli 2019.

Dijelaskannya, secara umum baik bulan Juni maupun Juli gempa bumi mendominasi wilayah Indonesia timur. Pada Juli 2019, lanjutnya, didominasi gempa yang berkekuatan magnitudo kurang dari 5 skala richter (SR) sebanyak 789 kali.

”Adapun gempa yang magnitudo di atas 5 SR terjadi sebanyak 51 kali. Ini juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan lalu sebanyak 35 kali gempa yang berkekuatan di atas 5 SR," jelasnya.

Baca Juga: Gempa 6.0 M Guncang Bali, Getaran Dirasakan Kuat di Banyuwangi dan Jember

Sementara, jumlah gempa yang dirasakan oleh masyarakat pada Juli sebanyak 84 kali. Jumlah ini mengalami peningkatan karena pada Juni lalu hanya 65 kali.

”Kita mengalami gempa bumi yang merusak sebanyak 4 kali pada Juli yakni, di Maluku Utara, Sumbawa, di Halmahera, dan di Samudera Hindia yang terdampak di Bali. Sementara untuk gempa susulan, hingga saat ini 149 kali yang dirasakan sebanyak 93 kali," ucapnya.

Selanjutnya, untuk zona gempa pada Agustus mendatang, Daryono menyebut ada beberapa wilayah Indonesia yang harus waspada. Jika melihat klaster gempa pada Agustus, tampak zona aktif gempa di wilayah Bengkulu, Mentawai dan Nias. Kemudian, Selat Sunda dan Jawa Barat. 

Tags : BMKG , Gempa Bumi , Indonesia

Berita Terkait