Teken MoU dengan Induk Cabor, Menpora: Manfaatkan dan Pertanggungjawabkan

| Selasa, 26/02/2019 14:05 WIB
Teken MoU dengan Induk Cabor, Menpora: Manfaatkan dan Pertanggungjawabkan Proses penandatanganan MoU antara Kemenpora dengan Pengurus Induk Cabor (dok @Kemenpora_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menpora Imam Nahrawi meminta agar Induk Cabang Olahraga memanfaatkan dan mempertanggungjawabkan dengan baik bantuan yang tercantum dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kemenpora.

Penandatanganan MoU ini menurut Menpora adalah bagian langkah pemerintah untuk mendukung cabang olahraga dalam menjalankan pelatnas SEA Games 2019 yang dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan di Filipina.

"Iya terima kasih semuanya, perlu saya sampaikan bahwa penandatanganan MoU ini untuk memastikan dalam minggu ini semua program pelatnas pengurus cabang olahraga berjalan baik. Harapan kita dengan dana terbatas ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, dipertanggungjawabkan setertib mungkin," kata Menpora di Jakarta, Selasa 26 Februari 2019.

Menpora menyampaikan dana untuk prestasi ini kurang lebih 500 miliar dibagi dua. Pertama untuk cabang olahraga prestasi kurang lebih 300 an miliar atau 312 miliar. Kedua untuk MPC kurang lebih 150 miliar untuk persiapan Asean Para Games 2019.

Pembagian itu yang kemudian diverifikasi, sehingga masing-masing cabor dilihat mana yang secara prestasi itu telah memberikan prestasi di Asian Games 2018 atau rencana di SEA Games yang akan datang, dari situlah keluar angka-angka yang tertera di MoU tersebut.

"Jadi murni angka-angka tersebut sudah melalui verifikasi tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Saya berharap ketua umum cabang olahraga bisa datang langsung agar saya bisa menyaksikan langsung proses MoU nya," tambah Menpora.

Ikut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut yakni, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. Plh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Candra Bhakti, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, dan beberapa pejabat Eselon I dan II Kemenpora.

Penandatangan sendiri dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PPON Kemenpora Gajah Nata Surya dengan perwakilan Pengurus Cabang Olahraga yang diketahui langsung oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Marheni Dyah Kusumawati.

Untuk pengurus cabang olahraga yang hari ini melakukan MoU yakni, PB Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dengan jumlah bantuan Rp 14.505.158.000, untuk PB Persatuan Angkat Berat, Binaraga dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) sebesar Rp 12.003.986.000 dan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) senilai Rp 10.096.360.000.

Tags : Imam Nahrawi , MoU , Kemenpora

Berita Terkait