Proyek Palapa Ring Tengah Dipastikan Selesai September 2018

| Senin, 28/05/2018 23:16 WIB
Proyek Palapa Ring Tengah Dipastikan Selesai September 2018 Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika). (Foto: Twitter @kemkominfo)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan proyek Palapa Ring paket tengah bisa dipercepat hingga September tahun ini. Sebelumnya, proyek ini akan ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan proyek Palapa Ring paket tengah ini menjangkau 17 kota dan kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 kilometer (km). Ia berharap pemasangan kabel ini bisa selesai bulan Agustus dan dilanjutkan dengan uji stabilitas jaringan di bulan berikutnya.

"Ini ada kelambatan untuk Palapa Ring Tengah, sengaja saya datang (ke Sulawesi Utara) karena kalau tidak (datang), kapal (penggelar kabel) tidak datang ke sini. Untuk memastikan semua selesai di akhir 2018," ujar Rudiantara di Minahasa, melalui keterangan resmi, Minggu, 27 Mei 2018.

Dia juga telah meminta Gubernur Sulawesi Utara untuk mempercepat proses pemasangan kabel laut. Lebih lanjut, ia pun tidak meminta anggaran dari Pemerintah Daerah setempat, namun ia hanya ingin Pemda Sulawesi Utara mempercepat proses perizinannya saja.

Menurutnya, proyek Palapa Ring paket tengah merupakan salah satu dari tulang punggung proyek Palapa Ring yang membentang dari barat ke timur Indonesia. Jika Palapa Ring tengah rampung, maka semua kabupaten dan kota di Indonesia bisa terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi pita lebar.

"Jika Palapa Ring selesai, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey optimistis bisa melanjutkan proyek Palapa Ring tengah. Adapun rencananya, kabel optik Palapa Ring Tengah di Sulawesi Utara akan dipasang dari Mokupa hingga Melonguane di Kepualuan Talaud.

"Nantinya tidak ada lagi jaringan internet yang terputus. Sehingga semua masyarakat bisa menggunakan internet dengan optimal," katanya.

Diketahui, proyek Palapa Ring tengah merupakan satu dari proyek strategis nasional yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016. Proyek Palapa Ring paket tengah merupakan satu dari tiga proyek Palapa Ring, di mana dua proyek lainnya terdiri dari Palapa Ring paket barat dan Palapa Ring paket timur.

Tags : Kominfo RI , Palapa Ring Tengah

Video Terkait