Piala Dunia 2022: Laga Pembuka, Prancis Gulung Australia 4-1

| Rabu, 23/11/2022 16:13 WIB
Piala Dunia 2022: Laga Pembuka, Prancis Gulung Australia 4-1 Timnas Prancis berhasil menang telak atas Australia dalam laga pembuka grup D Piala Dunia 2022, Rabu (23/11) dini hari WIB. (Foto: twitter @klubamatir)

RADARBANGSA.COM - Juara bertahan Piala Dunia, Prancis mengawali perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 dengan meraih kemenangan meyakinkan. Menghadapi Australia di laga pembuka grup D, Rabu, 23 November 2022 dini hari WIB di Al Janoub Stadium, Al Warkah, Les Blues berhasil menang telak dengan skor akhir 4-1.

GAwang Prancis harus kebobolan lebih dulu saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Sepakan Craig Goodwin yang tak terkawal berhasil membobol jala Hugo Lloris.

Tertinggal satu gol, Olivier Giroud dkk langsung bereaksi. Gol penyama kedudukan akhirnya tercipta lewat sundulan Adrien Rabiot menit ke-27.

Tak sampai disitu, Rabiot kembali menjadi penentu gol kedua Timnas Prancis. Ia berhasil merebut bola dari pemain bertahan Australia di sisi kanan pertahanan lawan.

Menusuk ke dalam kotak penalti, Rabiot mengirim umpan matang ke Giroud yang sudah menunggu di depan gawang kosong dan menceploskan bola. Skor 2-1 untuk Prancis bertahan hingga babak pertama usai.

Les Blues berhasil menambah dua gol lagi di babak kedua. Kylian Mbappe berhasil mencetak gol lewat sundulan menit ke-68 dan pesta tim juara bertahan ditutup lewat sundulan Giroud menit ke-71.

Usai laga, pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps mengapresiasi kemenangan anak asuhnya di laga pembuka. Namun, dirinya menyayangkan gol yang dicetak Australia di awal laga.

"Sejujurnya, saya pikir kami memulai laga dengan baik melalui dua hingga peluang bagus. Sayangnya, kami kebobolan gol yang seharusnya bisa dihindari sehingga membuat permainan menurun," kata Didier Deschamps seperti dikutip L`Equipe.

Mantan pemain timnas Prancis yang sukses merebut gelar Piala Dunia 1998 itu memuji respons pemainnya setelah kebobolan. Namun, Deschamps menyebut Timnas Prancis seharusnya bisa mencetak lebih dari empat gol dalam laga tersebut.

"Tim bereaksi dengan baik dengan menyamakan kedudukan hingga berbalik unggul. Pada babak kedua, kami mengendalikan permainan dan memaksa Australia untuk bertahan," ujar Deshamps.

"Kami punya banyak peluang, mencetak gol dan itu bagus. Namun, seharusnya kami bisa mencetak lebih banyak gol," tegasnya.

Tags : Piala Dunia 2022 , Prancis , Australia

Berita Terkait