Pimpin Klasemen Tiga Besar Piala Asia, Indonesia Jaga Asa Lolos ke 16 Besar

| Senin, 22/01/2024 12:58 WIB
Pimpin Klasemen Tiga Besar Piala Asia, Indonesia Jaga Asa Lolos ke 16 Besar Skuad Timnas Indonesia menghadapi Irak di laga perdana Piala Asia 2023. (Foto: Bolanet)

RADARBANGSA.COM - Seluruh tim di fase grup telah menyelesaikan dua pertandingan babak penyisihan grup Piala Asia 2023. Tim nasional (Timnas) Indonesia memimpin klasemen sementara di antara sesama peringkat ketiga seluruh grup.

Indonesia yang berada di peringkat ketiga Grup D seusai mengalahkan rival sesama negara ASEAN, Vietnam, memiliki tiga poin dengan selisih gol -1, sehingga berada di peringkat pertama dan kedua bersama Bahrain yang memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Indonesia.

Kondisi tersebut membuat Asnawi Mangkualam dkk berpeluang besar lolos ke babak 16 besar, meskipun belum sepenuhnya aman.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada partai ketiga atau pertandingan terakhir fase grup. Jika menang atau seri, tim asuhan Shin Tae-yong ini dipastikan membukukan satu tempat di babak 16 besar sistem gugur, baik sebagai runner up grup D maupun peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup.

Sesuai regulasi Piala Asia 2023, tim yang berhak lolos ke babak gugur bukan hanya juara dan runner up fase grup saja, tetapi empat tim peringkat tiga terbaik dari seluruh grup.

Jika Indonesia kalah dari Jepang, peluang lolos ke babak 16 besar pun masih terbuka, meskipun akan ditentukan oleh hasil-hasil pertandingan di grup lain.

Tags : Piala Asia 2023 , Timnas Indonesia , Klasemen

Berita Terkait