Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Butuh Pengalaman Bertanding Lebih Banyak

| Senin, 29/01/2024 08:21 WIB
Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Butuh Pengalaman Bertanding Lebih Banyak Shin Tae-yong (Pelatih Timnas Indonesia). (Foto: PSSI)

RADARBANGSA.COM - Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menilai para pemainnya masih butuh pengalaman bertanding untuk bisa tampil di turnamen papan atas seperti Piala Asia. Menurutnya, kekalahan skuad asuhannya 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 lebih dikarenakan faktor pengalaman bertanding.

"Kami tidak kalah dalam konteks performa, mereka bermain bagus dan menjalankan instruksi saya dengan baik. Tapi memang unsur pengalaman yang masih dibutuhkan oleh pemain kita," ujar Shin dalam konferensi pers di Stadium Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu, 28 Januari 2024.

Dalam pertandingan itu, Skuad Garuda sempat bermain agresif dan memberikan tekanan pada babak pertama. Sayangnya peluang-peluang yang didapat tak bisa dieksekusi dengan mulus.

Dalam evaluasinya dari pertandingan hari ini, Shin melihat gol bunuh diri yang dilakukan Elkan Baggot di menit ke-12 mempengaruhi mental juang pemain timnas.

Shin begitu menyangkan kejadian tersebut, karena menjadi gol pertama bagi Australia dan langsung berdampak pada kualitas permainan. Di sisi lain, permainan Australia semakin alot dengan lini pertahanan yang kuat.

"Ada unsur unlucky goal dari pemain kami. Mungkin jika itu tidak terjadi maka permainan kami akan berbeda. Tapi saya berterima kasih pada pemain saya, lega dengan penampilan mereka hari ini. Saya harap tim akan lebih baik di kesempatan selanjutnya," pungkas Shin.

Tags : Piala Asia , Shin Tae-yong , Indonesia , Pengalaman , Australia