Ini Kriteria Calon Gubernur BI Menurut Presiden Jokowi

| Jum'at, 02/02/2018 13:23 WIB
Ini Kriteria Calon Gubernur BI Menurut Presiden Jokowi Presiden Jokowi didampingi Cak Imin dan sejumlah menteri resmikan Skytrain Bandara (foto: Ist)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan calon Gubernur Bank Indonesia pengganti Agus Martowardojo, yang akan memasuki masa pensiun pada Mei 2018, harus dipercaya publik dan pasar. Menurut Jokowi, sosok Gubernur BI yang baru harus bisa memahami kondisi makro ekonomi Indonesia.

"Tentu saja yang bisa memberikan kepercayaan pasar mengenai hal-hal yang makro ekonomi kita, moneter, inflasi, kepercayaan publik dan pasar diperlukan Gubernur BI," kata Presiden usai Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia, Jumat, 2 Februari 2018.

Namun, hingga saat ini, lanjut Presiden, usulan untuk nama-nama calon penganti Agus Martowardojo belum sampai ke meja kerjanya. "Tapi kan (nama calon Gubernur BI) masih sampai akhir Februari, belum masuk ke saya," tambah Presiden.

Sebagaimana dilansir dari antaranews.com, nama calon Gubernur BI pada akhir Februari harus diserahkan kepada DPR RI, yang selanjutnya akan melakukan uji kelayakan dan kemampuan kepada para kandidat.

Sebelumnya, pada 15 Januari 2018, Presiden Jokowi sudah menyampaikan surat ke DPR mengenai tiga nama calon Deputi Gubernur BI yakni Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat. Ketiga nama itu diusulkan oleh Gubernur BI Agus Martowardojo.

Tags : Jokowi , Gubernur BI , Makro Ekonomi , Inflasi