Mendes Ingin Alokasi Dana Desa 2019 Lebih Banyak untuk BUMDes

| Kamis, 07/02/2019 09:05 WIB
Mendes Ingin Alokasi Dana Desa 2019 Lebih Banyak untuk BUMDes Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo. (Foto: kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo ingin dana desa tahun 2019 lebih diprioritaskan untuk pemberdayaan ekonomi seperti pembuatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Mendes menilai, program pembangunan untuk infrastruktur telah cukup.

"Pembangunan infrastruktur saya pikir sudah cukup, terutama pada desa yang infrastrukturnya sudah cukup. Saat ini mulailah dipikirkan untuk bursa inovasi desanya ini bagaimana dana desa bisa dipakai untuk memperbesar BUMDes. Jadi, tolong alokasi anggaran ke BUMDes itu diperbesar," kata Eko seperti dikutip dari detik.com, Kamis, 7 Februari 2019.

Di hadapan para pengurus BUMDes, Kepala Desa, pendamping Desa, petambak dan sejumlah transmigran di Kabupaten Bengkulu Utara dalam acara sosialisasi penggunaan dana desa tahun 2019, Mendes menerangkan bahwa program dana desa yang digelontorkan sejak 2015 hingga 2018 telah berjalan cukup baik.

Namun, lanjutnya, tantangan dan masalah di awal penyaluran selalu terjadi sehingga penyerapannya tidak terlalu signifikan. "Penyaluran dana desa yang saat ini berjalan dengan cukup baik bukan tanpa tantangan dan masalah," ucapnya.

Mendes mengungkapkan, tantangan dan permasalahan tersebut terjadi karena semula kepala desa dan perangkat desa belum memiliki pengalaman dalam mengelola keuangan negara. Selain itu, desa juga belum memiliki perangkat yang lengkap untuk mengelola keuangan negara.

"Di tahun pertama dari Rp20,67 triliun yang dialokasikan hanya 82% yang berhasil diserap. Namun, dengan komitmen kuat dari seluruh perangkat desa, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan dukungan pendampingan yang terus ditingkatkan oleh pendamping desa, serta dukungan dari Kepolisian RI, Kejaksaan, BPKP, BPK, maka dari tahun ke tahun tata kelola dana desa terus membaik. Hal ini bisa dilihat dari penyerapan dana desa yang juga terus meningkat," pungkasnya. 

Tags : Menteri Desa PDTT , Dana Desa , BUMDes

Berita Terkait