Agar Investor Betah Tanam Modal di Indonesia, ini Kiat dari Menkeu

| Selasa, 12/03/2019 21:18 WIB
Agar Investor Betah Tanam Modal di Indonesia, ini Kiat dari Menkeu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkab.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berupaya untuk menarik modal baik domestik maupun asing agar bisa ditanam di Indonesia. Sebab, modal tersebut sangat dibutuhkan untuk menggenjot perekonomian bangsa.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa saat ini pemerintah berusaha untuk menjaga agar aliran modal asing dan domestim betah di Indonesia. Menurutnya, dengan investasi yang besar maka peluang untuk meningkatkan kualitas ekonomi bisa semakin mudah.

Dia mengungkapkan, pemerintah saat ini sudah melakukan segala cara untuk menarik investor agar tetap menanamkan modalnya di Indonesia. "Indonesia ini negara yang ukuran populasinya besar. Kita ini kan masuk G20 dengan usia muda yang besar," kata Sri di BSD, Selasa, 12 Maret 2019.

Dia memandang, jumlah usia muda yang lebih dominan sehingga Indonesia memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan negara yang jumlah populasinya sama. Kemudian, upaya kedua yaitu oemerintah terus berkomitmen untuk memperbaiki tingkat kemudahan berusaha (Ease of Doing Businness/EODB).

Sri menyebut, salah satunya dengan melakukan penyederhanaan proses perizinan melalui Online Single Submission (OSS). Hal tersebut, lanjutnya, menggambarkan pemerintah memiliki komitmen kuat untuk mengundang para investor.

Ketiga, pemerintah juga gencar membangun beragam infrastruktur, mulai dari jalan tol hingga infrastruktur internet lewat program Palapa Ring. Tak hanya itu, pemerintah juga berusaha agar jaringan listrik terpasang di semua daerah.

"Saya rasa kalau pemerintah tetap menjaga policy-nya konsisten, makro ekonomi stabil, inflasi rendah, pertumbuhan tinggi, dan dengan populasi anak muda, ini semua merupakan daya tarik yang luar biasa," pungkasnya seperti dikutip dari detik.com. 

Tags : Investor , Indonesia , Sri Mulyani Indrawati , Modal Asing

Berita Terkait