BI: Aliran Modal Asing Masuk RI Capai Rp154 Triliun

| Sabtu, 29/06/2019 08:31 WIB
BI: Aliran Modal Asing Masuk RI Capai Rp154 Triliun Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) mencapai Rp154 triliun hingga 27 Juni 2019. Peningkatan ini menandakan kepercayaan investor ke perekonomian dalam negeri.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menyatakan, aliran dana investor asing itu tercatat masuk melalui berbagai instrumen pasar keuangan seperti Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp90 triliun dan saham Rp60 triliun.

"Dua instrumen itu yang paling besar membawa inflow ke perekonomian," ujar Dody di Gedung BI Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.

Dia menjelaskan, positifnya itu adalah bahwa confidence, di mana investor equity untuk saham itu cukup besar. Karena tentunya investor akan memperhatikan earning dari pada korporasi. Issuer-issuer dari pada saham.

"Mereka tentunya akan mengkaitkan dengan pertumbuhan ekonomi dengan proyeksi yang masih cukup baik di 2019 ini. Jadi itu yang kita lihat masih besarnya inflow dari sisi saham. Kemudian, lanjut dia dari sisi SBN, income, itu gambaran bahwa diferensial return yang diperoleh oleh mereka masih cukup menarik. "Pasalnya yield diferensial, interest diferensial dengan emerging kita masih cukup besar," ujarnya seperti dilansir dari okezone.com, Sabtu, 29 Juni 2019. 

Tags : Bank Indonesia , Modal Asing , Indonesia