Pemerintah Target Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Mulai Operasi Akhir Tahun

| Sabtu, 26/10/2019 20:15 WIB
Pemerintah Target Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Mulai Operasi Akhir Tahun Jalan tol trans Sumatera Bakauhunei-Terbanggi Besar. (Foto: twitter @Pujangga1123)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berupaya menyelesaikan proyek jalan tol di sejumlah wilayah. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

Pembangunan jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 km memasuki tahap akhir. Pembangunan tol akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan dari Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatera ke wilayah timur Sumatera.

Baca Juga: Sembilan Ruas Jalan Tol Siap Diresmikan Hingga Akhir 2019

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

"Saya minta Dirjen Bina Marga untuk menghubungkan jalan tol yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sampai exit, dilanjutkan menuju kawasan strategis seperti pelabuhan, industri atau kawasan wisata dengan menggunakan APBN," kata Basuki dalam keterangannya, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Sebagaimana diketahui, pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,20 km dengan progres konstruksi sudah mencapai 99%.

Baca Juga: PUPR Tambah Bangun Jalan Tol Sepanjang 1.825 Km

Sementara untuk Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 Km saat ini progress konstruksinya telah mencapai 97%. Secara keseluruhan progres fisik Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung mencapai 98% dan ditargetkan beroperasi akhir 2019.

Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang telah melalui uji laik fungsi yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2019 di KM 140-KM 194. Kemudian dilanjutkan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di KM 194-KM 330 pada tanggal 14-15 Agustus 2019.

Tags : Tol Trans Sumatera , Kementerian PUPR , Terbanggi Besar

Berita Terkait