Pemerintah Sinergikan 18 K/L untuk Dorong UMKM

| Kamis, 30/01/2020 14:20 WIB
Pemerintah Sinergikan 18 K/L untuk Dorong UMKM Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit mengatakan pihaknya telah memetakan gambaran mengenai 18 Kementerian atau Lembaga (K/L) yang akan disinergikan dan dikonsolidasikan untuk program pengembangan UMKM.

Victoria meyakini, dengan terciptanya sinergi dan kolaborasi program antar K/L, target UMKM naik kelas bisa segera diwujudkan.

"Kita ingin agar UMKM kita bisa segera naik kelas", tandas Victoria dalam Rapat Kerja dengan kementerian dan lembaga membahas isu perluasan akses pasar dan peningkatan daya saing, di Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020

Beberapa sektor yang diharapkan dapat disinergikan adalah pertanian (beras, jagung, kopi, pisang, nanas, singkong, cangkul, dan bambu), perikanan dan peternakan (udang, domba, kambing, sapi perah), ekonomi kreatif (home decor, furnitur, fesyen muslim, dan makanan minuman), serta sektor pariwisata (kuliner, homestay, wisata alam, handicraft).

"Programnya banyak tersebar, kecil-kecil, dan juga ada yang tumpang tindih. Ini tantangan kita semua untuk menyatukannya. Bahkan, Presiden Jokowi juga berkeinginan adanya kolaborasi antar K/L dalam membangun produk UMKM", tukas Victoria.

Terlebih Indonesia di tahun 2020 juga menargetkan pertumbuhan produk UMKM, substitusi impor, hingga mampu masuk ke rantai pasok atau global value chain.

"Kita akan kembangkan sentra-sentra produksi produk unggulan di daerah-daerah, factory sharing, hingga pendekatan digitalisasi", jelas Victoria. Dengan rencana konsep kolaborasi ini Victoria yakin pasar bagi produk KUKM Indonesia akan meluas.

Tags : UMKM , Kadin

Berita Terkait