2020, Pemerintah Beri Tambahan Dana 1,5% Bagi Desa Berkinerja Baik

| Rabu, 19/02/2020 10:06 WIB
2020, Pemerintah Beri Tambahan Dana 1,5% Bagi Desa Berkinerja Baik Pemerintah Bakal Beri Tambahan Dana Sebesar 1,5% Bagi Desa Berkinerja Baik (Foto: Beritabaru.co)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah berencana menambahkan formula alokasi kinerja (AK) dalam skema penyaluran Dana Desa tahun 2020.

Alokasi ini diperuntukkan bagi desa dengan kinerja baik sebanyak 10% dari jumlah desa atau 7.495 desa. Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Dirjen PK) Kemenkeu, Astera Primamanto Bhakti d di Semarang.

"Kalau ada daerah atau desa yang punya kinerja baik, maka dia akan mendapatkan alokasi yang lebih baik dibandingkan yang kinerjanya kurang baik. Dan itu porsinya adalah kalau dari rumusan, ia dapat sekitar 1,5% dibandingkan sebelumnya tidak ada," jelasnya.

1,5% ini merupakan besaran alokasi kinerja dari keseluruhan anggaran dana desa yang mencapai Rp72 triliun di tahun 2020. Tujuannya adalah mendorong kinerja pengelolaan Dana Desa.

Dirjen PK mengatakan bagi desa yang berkinerja baik, pemerintah memberikan reward penyaluran dana dengan proporsi 60% di tahap I dan 40% di tahap II. Menurutnya, di satu sisi hal tersebut adalah percepatan, namun di sisi lain kepala desa diharuskan memiliki perencanaan yang baik.

"Untuk daerah-daerah yang memiliki kinerja baik, jadi pelaporannya baik, itu juga bisa dipercepat. Bukan (formasi pencairan) 4-4-2, tapi 60% dan 40%," kata Dirjen PK.

Dirjen PK juga berpesan agar tata kelola Dana Desa terus diperbaiki. Menurutnya, simplifikasi persyaratan penyaluran Dana Desa tak mengurangi tanggung jawab para kepala desa. Dia pun mengimbau agar petugas pendamping desa terus ditingkatkan dari sisi jumlah maupun kualitas SDM-nya.

"Jadi mohon betul-betul, yang namanya tata kelola ini diperhatikan. Kami di Pemerintah Pusat berusaha membuat suatu sistem yang simpel, yang mudah dipahami, tapi bukan berarti tidak ada catatannya," tutup Dirjen PK.

Tags : Dana Desa , Tambahan

Berita Terkait