IMF Sebut Dunia Akan Alami Krisis Ekonomi Global

| Rabu, 25/03/2020 13:53 WIB
IMF Sebut Dunia Akan Alami Krisis Ekonomi Global Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Kristalina Georgieva (Foto: Nytimes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - International Monetary Fund (IMF) menyebut prospek pertumbuhan global di tahun 2020 akan negatif. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional, Kristalina Georgieva mengatakan ekonomi dunia akan mengalami resesi. Hal tersebut sama buruknya dengan krisis keuangan global atau bahkan bisa jadi lebih buruk.

“Tetapi kami mengharapkan pemulihan pada tahun 2021. Untuk sampai ke sana, sangat penting untuk memperkuat sistem kesehatan.  Dampak ekonomi akan parah, tetapi semakin cepat virus berhenti, semakin cepat dan kuat pemulihannya,” ujar Kristalina saat konferensi pers dengan para Menteri Keuangan Negara G20 dan Gubernur Bank Sentral, Senin 23 Maret 2020.

Saat ini biaya yang dikeluarkan untuk mengatasi pandemi corona sangat banyak dan menurutnya, semua negara perlu bekerja sama untuk saling melindungi dan meminimalisir kerusakan ekonomi.

“Ini adalah momen solidaritas yang merupakan tema utama pertemuan hari ini,” tambahnya.

Pandemi Corona saat ini telah menyebabkan kelumpuhan ekonomi pada hampir seluruh belahan negara di dunia. Beberapa aktivitas perdagangan terpaksa harus berhenti dan begitu pula dengan sektor kesehatan yang sangat terguncang.

Tags : Corona , Ekonomi , Resesi , IMF

Berita Terkait