OJK: Ekonomi Daerah Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

| Jum'at, 19/06/2020 12:47 WIB
OJK: Ekonomi Daerah Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional Gedung OJK (Foto: Arah.co)

SOLO, RADARBANGSA.COM - Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan bahwa negara sedang melakukan percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah Covid-19. Untuk mendukung hal tersebut, kuncinya adalah tergantung pada efektifitas implementasi kebijakan stimulus perekonomian di masing - masing daerah.

"Peran ekonomi daerah menjadi penting untuk menopang percepatan recovery ekonomi nasional," kata Wimboh Santoso dalam peresmian gedung Kantor OJK Solo Hari Jumat, 19 Juni 2020.

Wimboh melanjutkan, dengan didirikannya Kantor OJK di Solo maka pemerintah dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi di wilayah tersebut.

“Saat ini  jumlah perbankan di wilayah Solo Raya itu itu meliputi 190 kantor cabang perbankan, 73 kantor pusat BPR dan 8 kantor pusat BPR Syariah. Per April 2020, kontribusi pembiayaan perbankan di Solo untuk kredit modal kerja tumbuh sebesar 6,52% (yoy), kredit kepada usaha mikro tumbuh sebesar 16,4% (yoy), dan kredit kepada usaha kecil tumbuh sebesar 20,23% (yoy),” jelas Wimboh.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kredit kepada sektor prioritas seperti industri pengolahan, perikanan, perdagangan, dan konstruksi di Solo juga mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun lalu. Sedangkan realisasi restrukturisasi untuk perusahaan pergadaian dan PNM tercatat telah diberikan kepada 2.299 debitur dengan nilai Rp 138 miliar (pergadaian Rp49 miliar dan PNM Rp89 miliar).

Sementara itu jumlah investor saham dan reksadana (single investor identification) sampai April 2020 masing-masing tercatat tumbuh 28,21 persen (yoy) dan 90,27 persen (yoy). Selain itu, pengembangan potensi ekonomi syariah di Solo juga dapat menjadi kunci dalam mengakselerasi perekonomian daerah pasca-pandemi Covid 19. 

"Kami berharap industri jasa keuangan di Solo dapat terus memberikan kontribusi yang optimal untuk membantu implementasi kebijakan restrukturisasi dan terus mengembangkan potensi ekonomi di Kota Solo pasca-pandemi Covid-19 agar perekonomian meningkat dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai," kata Wimboh.

Tags : OJK , Solo , Ekonomi Daerah

Berita Terkait