Pemerintah Terbitkan Samurai Bonds Untuk Pembiayaan Defisit APBN

| Senin, 06/07/2020 14:44 WIB
Pemerintah Terbitkan Samurai Bonds Untuk Pembiayaan Defisit APBN Petugas Bank Lakukan Verfikasi Data Keuangan (Foto: industrycoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi menerbitkan 5 (lima) seri Surat Utang Negara (SUN) berdenominasi Yen Jepang (Samurai Bonds). Seri yang diterbitkan ini adalah RIJP0723, RIJPY0725, RIJPY0727, RIJPY0730 dan RIJPY0740  dengan nilai JPY100 miliar atau setara dengan Rp 13,4 Triliun.

Hasil penerbitan Samurai Bonds ini nantinya akan digunakan sebagai pembiayaan defisit APBN, termasuk untuk mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi.

“Di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global yang terdampak Pandemi Covid-19, penerbitan Samurai Bonds menorehkan capaian penting, dimana penerbitan kali ini merupakan penerbitan sovereign pertama di pasar Jepang untuk tahun 2020 dan juga menjadi penerbitan pertama dari penerbit Asia setelah masa pandemic," demikian dikutip dari laporan resmi, Kemenkeu, Sabtu 4 Juli 2020.

Untuk kegiatan temu investor (non-deal roadshow) dalam penerbitan Samurai Bonds dalam masa pandemi ini dilakukan secara online dalam bentuk netroadshow dan investor call.

“Temu investor secara online berjalan efektif karena berhasil meningkatkan sentimen positif dari investor, baik existing investor maupun investor baru yang berbasis di dalam dan luar Jepang," kutip laporan tersebut,

 

Tags : SUN , Kemenkeu , Samurai Bonds

Berita Terkait