Ekspor Domba Sumut ke Malaysia Meningkat

| Kamis, 20/08/2020 16:07 WIB
Ekspor Domba Sumut ke Malaysia Meningkat Peternak Domba (Doc: HK)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sepanjang triwulan II-2020, Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan (TB Asahan) mencatat adanya peningkatan yang signifikan pada jumlah ekspor komoditas peternakan. Komoditas ini tak lain adalah domba yang berasal Sumatera Utara (Sumut).

Dari data pada sistem perkarantinaan, tercatat sebanyak 1.757 ekor domba Sumut dengan nilai Rp. 2,1 milyar diekspor ke negara tujuan Malaysia sepanjang masa pandemi. Angka ini naik jika dibandingkan dengan periode Januari hingga Juli tahun lalu yang hanya berjumlah 700 ekor.

Kepala Karantina Pertanian TB Asahan, Bukhari mengatakan jika biasanya  permintaan negara tujuan tidak dalam bentuk domba hidup namun juga berupa daging segar dan daging beku. 

“Trennya terus meningkat, apalagi komoditas ini telah terjamin kesehatan dan keamanannya,” jelas Bukhari seperti dikutip dari laman resmi Barantan pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Ia menjelaskan jika sebelum diekspor, serangkaian tindakan karantina telah dilakukan. Salah satunya berupa pemeriksaan uji Rose Bengal Test (RBT) di laboratorium untuk memastikan komoditas unggulan asal Sumut ini bebas dari Brucellosis.

“Untuk perusahaan eksportir membeli domba domba tersebut dari peternak kecil, Alhamdulillah perekonomian masyarakat TB Asahan jadi ikut terdongkrak dengan adanya ekspor domba ini,” tukasnya.

Tags : Domba , Ekspor , Suput , Malaysia

Berita Terkait