Mobilitas Masyarakat di Pusat Perbelanjaan Berangsur Normal

| Rabu, 26/08/2020 18:59 WIB
Mobilitas Masyarakat di Pusat Perbelanjaan Berangsur Normal Salah satu sisi supermarket Giant Cinere Mall (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jika mobilitas masyarakat pada Bulan Juli di pusat perbelanjaan mulai berangsur normal.

“Kalo kita bandingkan mobilitas ini dengan tempat lainnya, mobilitas di tempat kebutuhan sehari hari ini menuju normalnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan kegiatan di tempat lain,” ujar Kepala BPS, Suhariyanto, Agustus 2020.

Ia menyampaikan jika trafik pengunjung menjelang idul adha lalu sama dengan tingkat trafik pengunjung menjelang idul fitri.

“Untuk tempat belanja kebutuhan sehari hari hanya 2,6 persen di bawah normal,” jelas Suhariyanto.

Suhariyanto mengatakan angka tersebut adalah angka minus terendah jika dibandingkan dengan mobilitas di tempat transit dan tempat kerja.

Untuk mobilitas di tempat transit, BPS mencatat minus 35,3 persen mendekati kenormalan, sementara mobilitas di tempat kerja minus 20 persen mendekati kenormalan.  

“Di tempat transit  pergerakannya jauh lebih lambat dibandingkan yang lainnya dimana posisi pada Bulan Juli ini adalah 35,3 persen di bawah normal. Di tempat kerja masih 20 persen di bawah normal karena kita tahu masih banyak perkantoran yang menerapkan 50 persen wfh dan 50 persen wfo,” tambahnya.

Berdasarkan data ini, Suhariyanto menyimpulkan bahwa aktivitas masyarakat dari bulan ke bulan mulai sudah mulai bergerak dan akan segera mempengaruhi denyut ekonomi nasional.

 

Tags : mobilitas , pusat perbelanjaan , trafik

Berita Terkait