Menkeu Optimis Perekonomian di Kuartal III 2020 Jadi Titik Balik

| Senin, 31/08/2020 07:21 WIB
Menkeu Optimis Perekonomian di Kuartal III 2020 Jadi Titik Balik Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM -Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meyakini jika pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 akan menjadi titik balik. Pasalnya ia melihat berbagai kegiatan ekonomi di bulan Juli mulai menunjukan tren positif.

“Kita melihat pembalikan arah ekonomi menuju positif masih sangat dini dan masih sangat kaku. Walaupun kegiatan mobilitas masyarakat mulai meningkat dibandingkan bulan April dan Mei, namun mobilitas itu tidak langsung diterjemahkan ke dalam konsumsi maupun investasi," ujar Menkeu dalam sebuah diskusi.

Ia pun  berharap pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 mendekati 0%. Meskipun indikator recovery pada bulan Juli masih dini dan rapuh.

“Kalau seandainya kontraksi investasi bisa lebih diturunkan, lebih kecil dalam hal ini mendekati 0 dan konsumsi juga bisa mendekati zona netral yaitu 0, maka kita bisa berharap kuartal ketiga mendekati ke 0%," kata Menkeu.

Lebih lanjut, Ia menyebut jika semua instrumen telah dikerahkan mulai dari insentif pajak hingga penempatan dana di perbankan.

“Kita dengan langkah-langkah itu berharap daya tahan ekonomi Indonesia cukup tetap terjaga walaupun tekanannya berlangsung terus karena Covidnya belum hilang. Kombinasi berbagai stimulus kita coba untuk bisa memberikan daya tahan," tukasnya.

 

Tags : Menkeu , titik balik , ekonomi