Inflasi Malang Diprediksi di 1,1 Persen Sepanjang 2020  

| Jum'at, 09/10/2020 09:38 WIB
Inflasi Malang Diprediksi di 1,1 Persen Sepanjang 2020    Salah satu sisi supermarket Giant Cinere Mall yang jarang pengunjung (dok Radarbangsa)

MALANG, RADARBANGSA.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang memprediksi sepanjang tahun 2020 ini, angka inflasi di Kota Malang mencapai 1,1 persen. Artinya, Kota Malang bakal mengalami inflasi terendah selama satu dekade terakhir.

“Inflasi terendah sepanjang 10 tahun. Diprediksi, angka inflasi sekitar 1,1 persen pada tahun 2020 ini,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan dalam catatannya, kemarin 8 Oktober 2020.

Ia memaparkan, hal tersebut menunjukkan bahwa, di tengah pandemi covid-19 ini daya beli masyarakat berkurang, sehingga menyebabkan beberapa harga komoditas di pasar cenderung mengalami penurunan.

“Daya beli masyarakat turun kalau yang beli tidak begitu banyak keuntungan akan berkurang. Maka harga barang cenderung lebih murah, karena demand kurang, supply juga kurang,” ungkapnya.

Menurunnya daya beli dari masyarakat tersebut dinilainya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Sebab, minimnya transaksi jual-beli akan membuat ekonomi berjalan melambat.

“Hal ini menunjukkan ekonomi kurang jalan, dinamika orang berdagang transaksi kurang banyak,” pungsnya.

Tags : Inflasi Malang , BI , Inflasi

Berita Terkait