Cuaca Buruk Pengaruhi Penurunan Produksi Padi Sepanjang Tahun 2020

| Kamis, 15/10/2020 16:13 WIB
Cuaca Buruk Pengaruhi Penurunan Produksi Padi Sepanjang Tahun 2020 Produksi Padi RI Menurun Sepanjang 2020 (Foto: Detik Finance)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jika beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami penurunan produksi beras di sepanjang tahun 2020 ini.

Kepala BPS, Suhariyanto merinci, penurunan produsi ini khususnya akan terjadi di Wilayah Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara,  Sumatera Barat serta diikuti oleh 10 provinsi lainnya. Penurunan produksi ini terjadi akibat cuaca buruk yang akan terjadi.

“Pada April hingga Bulan Juli lalu, banyak sawah yang terendam di tiga kabupaten sentra padi di Sulawesi Selatan, misalnya di Kabupaten Bone, Wajo dan Sidrap ” ungkap Suhariyanto dalam konferensi pers virtual, Kamis 15 Oktober 2020.

Sementara itu penurunan produksi beras juga terjadi di kabupaten Kalimantan Selatan dan NTTsebagai akibat dari pergeseran hujan.

Suhariyanto lantas mengatakan yang perlu menjadi perhatian bagi petani  saat ini adalah peringatan BMKG mengenai fenomenan La Nina, sejak November hingga Desember nanti.

“Dengan adanya fenomena La Nina ini, curah hujan yang biasanya sudah tinggi di bulan Oktober hingga Desember tentunya akan bertambah tinggi. Sehingga pemerintah sudah mengingatkan jika nantinya akan terjadi multi bencana seperti banjir dan juga longsor,” tukasnya.

Tags : BPS , Produksi Padi , La Nina