Pemerintah Mulai Tawarkan Sukuk Hijau Hingga 25 November Mendatang

| Kamis, 05/11/2020 07:07 WIB
Pemerintah Mulai Tawarkan Sukuk Hijau Hingga 25 November Mendatang Sukuk Hijau Untuk Dukung Proyek Hijau (gambar: gurupendidikan.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui kementerian keuangan telah menerbitkan produk Sukuk Tabungan berskema proyek hijau dengan seri 007 (ST007) pada 4 November 2020 hingga 25 November mendatang.

Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (Dirjen PPR) Luky Alfirman mengatakan produk ST007 ini merupakan sukuk hijau yang hasilnya akan digunakan untuk pembiayaan proyek-proyek yang mendukung perubahan atau perbaikan iklim.

"Ini bentuk inovasi kami, menerbitkan sukuk tabungan berlabel / berbasis green. Artinya, hasil dari penerbitan green sukuk ini memakai underlying proyek-proyek yang bersifat hijau,” ungkap Lucky di Jakarta, Rabu 4 November 2020.

Ia mengatakan ST007 bisa jadi pilihan investasi bagi masyarakat saat ini. Terutama untuk mereka yang ingin mendukung perubahan iklim dunia.

Lucky menyebut jika ST007 ini memberikan imbal hasil yang menarik, yakni sebesar 5,5%, lebih tinggi dari bunga deposito rata-rata. 

“Imbal hasilnya sebesar 5,5% dengan skema floating with floor yang mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate. Jadi, walaupun nantinya BI rate turun, imbal hasilnya akan tetap karena ada floor-nya sehingga tidak bisa lebih rendah dari 5,5%. Kalau ternyata nanti BI rate naik, imbalannya nanti akan disesuaikan. Per tiga bulan dilakukan (penyesuaian),” jelasnya lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa penerbitan sukuk hijau yang kedua kalinya ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mendukung pembangunan bersifat hijau.

“Ini kali kedua kita menerbitkan sukuk tabungan bersifat hijau. Kita juga negara pertama di dunia yang menerbitkan sukuk retail yang sifatnya hijau," tukasnya.

Adapun untuk penawaran ST007 ini telah dibuka sejak 4 November 2020 pukul 09.00 WIB hingga 25 November 2020 pukul 10.00 WIB dengan minimal pemesanan Rp1 juta hingga Rp3 miliar di 31 mitra distribusi (midis). 

Tags : Sukuk hijau , ST007 , Proyek Hijau

Berita Terkait