Harga Minyak Mentah Turun Jelang Pertemuan OPEC

| Senin, 04/01/2021 12:27 WIB
Harga Minyak Mentah Turun Jelang Pertemuan OPEC Permintaan Minyak Belum Stabil (Foto: Fortune)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak mentah mengalami penurunan di perdagangan perdana tahun 2021.

Melansir dari Kontan, Harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk Februari 2021 turun 0,14 persen ke USD 48,45 per barel. Sedangkan Harga minyak brent untuk Maret 2021 turun 0,08 persen ke 51,76 per barel.

Hari ini, OPEC dijadwalkan bertemu untuk membahas tingkat produksi Bulan Februari mengingat kondisi pasar yang masih mengkhawatirkan akibat penambahan kasus virus corona dunia.

Sekretaris Jenderal Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), memproyeksi permintaan konsumsi minyak akan naik 5,9 juta barel per hari (bph) menjadi 95,9 juta barel per hari di tahun ini.

Kenaikan yang sangat tipis ini dicatat pasca OPEC menilai masih banyak risiko penurunan permintaan di paruh pertama 2021.

Analis dari Energy Aspects dan RBC Capital mengatakan kepada Fox Business jika OPEC + kemungkinan akan mempertahankan tingkat produksi Januari di Februari.

“Kami pikir kelompok produsen akan memilih untuk tidak meningkatkan produksi lebih lanjut untuk Februari dengan kasus COVID-19 terus meningkat dan peluncuran vaksin yang lebih lambat dari perkiraan,” ungkap Helima Croft dari RBC Capital.

Tags : Harga Minyak Mentah , OPEC

Berita Terkait