BI: Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Menguat

| Senin, 11/01/2021 10:20 WIB
BI: Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Menguat Aktivitas di Pusat Perbelanjaan Kebutuhan Sehari Hari (Doc: Picfair)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) merilis hasil survei konsumen terhadap Perekonomian Indonesia di Bulan Desember 2020.

Survey ini mengindikasikan jika keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat dan mendekati zona optimis. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2020 sebesar 96,5, meningkat dari 92,0 pada bulan November 2020.

“Keyakinan konsumen terpantau menguat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan tingkat pendidikan,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Senin 11 Januari 2020.

Erwin merinci, secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 14 kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Bandar Lampung, diikuti oleh DKI Jakarta dan Denpasar.

Keyakinan konsumen yang membaik pada Desember 2020 itu dipengaruhi oleg menguatnya persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ke depan.

“Persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik didukung oleh aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama,” tukas  Erwin.

Tags : Optimisme Konsumen , BI

Berita Terkait