RI - China Sepakat Bangun Proyek Twin Park di Indonesia

| Senin, 18/01/2021 12:43 WIB
RI - China Sepakat Bangun Proyek Twin Park di Indonesia Menteri Luar Negeri China dan Menko Marves Indonesia (Doc: Marves)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah China secara resmi meyatakan keinginanannya untuk bekerja sama pada proyek “Two Countries Twin Park” yang berlokasi di Sumatera Utara, Indonesia.

Komitmen ini disampaikan secara langsung oleh Menteri Luar Negeri,  Tiongkok Wang Yi melalui penanda tanganan dokumen kerja sama (MoU). Penandatanganan ini juga disaksikan secara langsung oleh Menko Marves Luhut B. Pandjaitan.

“Hari ini saya secara khusus mendampingi Menlu Wang Yi bersama delegasinya,” ungkap Luhut dalam rilisnya belum lama ini.

Luhut menegaskan kerja sama ini bertujuan untuk membangun model baru industri antara Indonesia dan Tiongkok dengan membentuk dasar yang efisien bagi investasi dan perdagangan dua arah, serta memperkuat pertukaran kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Terkait bidang tersebut, dirinya juga menyatakan bahwa kedua negara dalam hal ini Indonesia-RRT mampu membuka diri untuk membangun rumah sakit internasional agar tercipta kerja sama yang lebih mumpuni antara rumah sakit, pertukaran dokter dan tenaga kesehatan, serta kolaborasi riset dan teknologi antarnegara

“Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan area seluas 500 hektar di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara yang akan difungsikan sebagai Pusat Herbal dan Hortikultura,” tutur Luhut.

Luhut menerangkan wilayah itu dibangun karena Indonesia memiliki potensi tanaman obat herbal yang besar dan setiap tahunnya, 40 persen penduduk Indonesia mengandalkan obat herbal untuk menjaga kesehatannya.

Selain itu, di lokasi itu juga akan didirikan area demo pertanian, kantor, tempat tinggal, guest house, laboratorium, dan ladang pengumpulan plasma nutfah.

 

Tags : Twin Park , Sumatera Utara

Berita Terkait