Kebijakan Joe Biden Diyakini Berdampak Positif Pada Hubungan RI - AS

| Selasa, 02/02/2021 17:21 WIB
Kebijakan Joe Biden Diyakini Berdampak Positif Pada Hubungan RI - AS Presiden AS, Joe Biden (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan jika terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) akan berdampak positif bagi hubungan kedua negara.

“Prospek ekonomi dan perdagangan Indonesia- AS diperkirakan akan jauh membaik pada kepemimpinan Joe Biden, terlebih lagi kebijakan Presiden Joe Biden mendukung pada hubungan perdagangan yang lebih kondusif serta meningkatkan keterbukaan perdagangan dan investasi,” kata Mendag dalam sebuah webiner belum lama ini.

Mendag menjelaskan meski perang dagang masih berlangsung, Indonesia akan tetap memanfaatkan peluang, salah satunya dari kebijakan yang diberikan AS terkait fasilitas Generalized System of Preferences (GSP). Melalui fasilitas GSP, Indonesia akan berusaha meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar AS.

Selain itu Indonesia juga mengupayakan pendekatan keseimbangan perdagangan dan investasi dengan memanfaatkan berbagai perjanjian dagang internasional, memperluas pasar nontradisional; dan menciptakan iklim investasi yang lebih baik untuk AS dan rivalnya, Tiongkok.

Sebagai informasi, Pada Januari—November 2020, ekspor Indonesia ke AS naik 3,57 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Ekspor  ke AS ini didominasi oleh pakaian jadi sebesar 19,4 persen, elektronik sebesar 9,84 persen, dan produk karet sebesar 7,95 persen.

 

 

Tags : Joe Biden , Mendag Lutfi

Berita Terkait