BI Targetkan Perluasan QRIS Capai 12 Juta Merchant di 2021

| Kamis, 11/02/2021 11:36 WIB
BI Targetkan Perluasan QRIS Capai 12 Juta Merchant di 2021 Transaksi Digital (Doc: Matabanuaa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) menargetkan perluasan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebanyak 12 juta merchant di tahun 2021.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan target ini sejalan dengan  program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus guna mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI).

“Pada tahun 2020 sebanyak 6 juta merchant di 34 provinsi, 480 kabupaten/kota, dan 85% diantaranya adalah UMKM, tercatat telah menggunakan QRIS yang didukung infrastruktur dari 52 Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berizin,” kata Erwin dalam rilisnya, Rabu 10 Februari 2021.

QRIS juga telah diterapkan sebagai salah satu metode pembayaran di berbagai sektor, sehingga mendorong efisiensi perekonomian.

Manfaat yang diperoleh tidak terbatas untuk transaksi perdagangan ritel di berbagai komunitas baik di pasar tradisional maupun modern dan universitas, namun QRIS juga digunakan untuk e-ticketing pariwisata, pendidikan, pesantren, transaportasi, parkir, e-retribusi Pemda, donasi sosial dan keagamaan.

Implementasi QRIS yang telah diterapkan di berbagai sektor untuk transaksi pembayaran terbuktu memberikan manfaat guna mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif, dan meningkatkan daya saing industri, termasuk memajukan UMKM.

“Ke depan, dukungan seluruh pihak termasuk masyarakat akan semakin mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Erwin.

Klik untuk informasi selengkapnya mengenai cara mendaftar sebagai merchant QRIS.

           

Tags : Bank Indonesia , QRIS

Berita Terkait