BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 3,5 Persen

| Kamis, 17/06/2021 18:04 WIB
BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 3,5 Persen Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan  di 3,5%. BI juga menetapkan suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%.

“Keputusan ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas nilai tukar Rupiah yang terjaga, serta upaya untuk memperkuat pemulihan ekonomi,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis 17 Juni 2021.

Perry menegaskan pihaknya akan terus melakukan banyak pihak dengan (i) mendorong penurunan suku bunga kredit perbankan, (ii) meningkatkan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas, dan  (iii) memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap ekonomi Indonesia.

“Kami akan terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran Indonesia untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional lebih lanjut,” kata Perry.

Sementara itu, perbaikan perekonomian domestik diprediksi berlanjut pada triwulan II 2021. Kondisi itu tercermin dari beberapa indikator seperti penjualan eceran yang membaik, kelompok permintaan makanan, minuman dan tembakau, serta bahan bakar kendaraan bermotor yang meningkat serta perbaikan ekspektasi konsumen, penjualan online, dan PMI Manufaktur yang melanjutkan peningkatan.

Di sisi lain, lewat sisi eksternal kinerja ekspor terus meningkat, khususnya pada komoditas batu bara, besi dan baja, serta kendaraan bermotor sejalan kenaikan permintaan mitra dagang utama. Secara spasial, peningkatan ekspor terjadi di seluruh wilayah, terutama Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua). 

"Ke depan, pemulihan ekonomi domestik akan terus didorong oleh akselerasi perekonomian global, kecepatan vaksinasi, dan penguatan sinergi kebijakan. Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2021 tetap sesuai dengan proyeksi Bank Indonesia pada April 2021, yakni pada kisaran 4,1%-5,1%," kata Perry mengakhiri.

Tags : Bank Indonesia , BI , Suku Bunga

Berita Terkait