Penuhi Permintaan Nasional, Kementan Genjot Produksi Bawang Putih

| Selasa, 29/06/2021 10:00 WIB
Penuhi Permintaan Nasional, Kementan Genjot Produksi Bawang Putih Pemerintah Masih Impor Bawang Putih dari China (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) kini tengah fokus meningkatkan kawasan pertanaman bawang putih.

Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto sangat optimis jika program perluasan pertanaman bawang putih ini akan menjadi pengungkit kesejahteraan petani.

Prihasto tak menampik jika ke depannya bawang putih lokal akan lebih disukai dibandingkan bawang putih impor.

“Insya Allah semoga ini nanti jadi cikal bakal bangkitnya bawang putih lokal di Lumajang. Saya yakin bawang putih kita memiliki khas tersendiri yaitu wangi yang lebih tajam dan rasa lebih pedas,” ungkap Prihasto, seperti dikutip, Selasa 29 Juni 2021.

Tahun 2021 ini, seluas 20 hektar bawang putih terkonsentrasi di dua desa yang menjadi sentra bawang putih ke depannya.

Dengan memberikan bantuan sarana produksi dan pascapanen pertanian, Dirjen Hortikultura juga melakukan penanaman bibit bawang putih di Kec. Senduro, Kab. Lumajang – Jawa Timur bersama petani.

Penanaman dilakukan pada musim hujan saat ini dan panennya diperkirakan pada musim kemarau nanti, hal ini disinyalir dapat meningkatkan produksi, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar.

Prihasto optimis kebutuhan konsumsi bawang putih secara nasional akan mampu terpenuhi sekaligus mendorong substitusi impor komoditas bawang putih yang cenderung menurun setiap tahunnya.

Tags : Kementan , Bawang Putih

Berita Terkait