Harga Energi Menggigit, Jerman Pangkas Pertumbuhan 2021

| Rabu, 27/10/2021 20:02 WIB
Harga Energi Menggigit, Jerman Pangkas Pertumbuhan 2021 Gedung Reichstag, tempat parlemen Jerman Bundestag di Berlin (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Jerman pada Rabu memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk tahun ini menjadi 2,6% tetapi menaikkan perkiraannya untuk tahun depan menjadi 4,1% karena kemacetan pasokan serta naiknya biaya energi.

Mengkonfirmasi laporan Reuters sebelumnya, Menteri Ekonomi Peter Altmaier mengatakan ekonomi tetap kuat meskipun ada pandemi COVID-19, tetapi kesengsaraan rantai pasokan di bidang manufaktur dan lonjakan harga energi memperumit pemulihan.

"Mengingat hambatan pasokan saat ini dan harga energi yang tinggi di seluruh dunia, lonjakan terakhir yang diharapkan tidak akan terjadi tahun ini," kata Altmaier seperti dikutip, Rabu 27 Oktober 2021.

"Pada 2022, ekonomi akan mendapatkan momentum secara signifikan."

Pemulihan yang tertunda berarti bahwa ekonomi Jerman tidak akan mencapai tingkat sebelum krisis tahun ini, tetapi kemungkinan pada awal 2022.

Revisi perkiraan pemerintah untuk pertumbuhan produk domestik bruto dibandingkan dengan prediksi April untuk ekonomi tumbuh sebesar 3,5% pada tahun 2021 dan sebesar 3,6% pada tahun 2022.

Altmaier mengatakan produsen mobil saat ini tidak dapat membangun ratusan ribu mobil karena kurangnya semikonduktor dan komponen elektronik lainnya.

Untuk meringankan masalah pasokan, pemerintah siap mendukung pembangunan pabrik semikonduktor lokal dengan beberapa miliar euro. Altmaier menambahkan bahwa ia berharap ini akan memobilisasi investasi yang lebih tinggi oleh perusahaan segera.

Kemacetan yang meluas dalam produksi, ditambah dengan permintaan yang luar biasa tinggi, menyebabkan kenaikan harga, dengan pemerintah memperkirakan inflasi akan melonjak menjadi 3% tahun ini.

Namun pemerintah tetap berpegang pada penilaiannya bahwa sebagian besar kenaikan harga akan bersifat sementara. Berlin melihat inflasi harga konsumen berkurang menjadi 2,2% pada tahun 2022 dan menjadi 1,7% pada tahun 2023. Tahun lalu, inflasi harga konsumen nasional mencapai 0,5%.

Altmaier mengatakan dia melihat kemungkinan bahwa reli harga di pasar energi akan segera berakhir, menambahkan bahwa dia tidak mengharapkan masalah pasokan di pasar gas selama bulan-bulan musim dingin.

Tags : Energi , Ekonomi Jerman

Berita Terkait