ADRO Bangun Smelter Aluminium dengan Nilai Investasi USD728 Juta

| Kamis, 23/12/2021 13:01 WIB
ADRO Bangun Smelter Aluminium dengan Nilai Investasi USD728 Juta Lokasi tambang PT Freepot Indonesia di Papua (foto: Setkab.go.id)

RADARBANGSA.COM - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melalui PT Adaro Aluminium Indonesia berencana untuk membangun smelter aluminium di Kawasan Industri Hijau Indonesia, Kalimatan Utara, dengan nilai investasi mencapai USD728 juta.

Wakil Presiden Direktur ADRO, Ario Rachmat mengatakan rencana pembangunan smelter di kawasan industri yang sedang dibangun oleh PT Kalimantan Industrial Park Indonesia tersebut ditandai dengan penandatanganan Surat Pernyataan Maksud Investasi (Letter of Intention to Invest) sebesar USD728 juta.

"Sejalan dengan komitmen Adaro untuk melakukan transformasi bisnis melalui green initiative jangka panjang, maka kami melakukan investasi untuk membangun aluminium smelter guna mendukung program hilirisasi industri yang dicanangkan pemerintah," ujar Ario dalam keterangannya, Kamis 23 Desember 2021.

Melalui investasi ini, dia berharap keberadaan smelter aluminium milik ADRA bisa membantu mengurangi impor aluminium dan memberikan nilai tambah terhadap alumina, serta meningkatkan penerimaan pajak negara.

“Kami juga berharap industri aluminium di Kalimantan Utara dapat mendatangkan banyak investasi lanjutan dan menciptakan lapangan kerja," kata Ario.

Untuk mengembangkan industri ini, ADRO akan menggandeng mitra kerja dari luar negeri yang berpengalaman dan menggunakan teknologi terkini, serta berpengetahuan secara menyeluruh di industri aluminium.

"Kami optimistis permintaan dunia atas produk aluminium akan terus meningkat, terutama untuk kabel, baterai dan sasis. Diharapkan, industri lainnya seperti industri panel surya dan mobil listrik yang membutuhkan aluminium juga bisa diproduksi di sini," pungkasnya.

Tags : Smelter Alumunium , Adaro

Berita Terkait