Sektor Pariwisata Sumut Diharapkan Tarik Lapangan Kerja

| Kamis, 06/01/2022 17:22 WIB
Sektor Pariwisata Sumut Diharapkan Tarik Lapangan Kerja Pemandangan Wisata Bukit Lawang di Sumatera Utara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahuddin Uno, mengharapkan sektor pariwisata Sumatera Utara bisa membuka banyak lapangan kerja. Oleh karenanya dia menginginkan agar sektor ini digarap optimal.

Sandiaga Uno mengatakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara sangat besar.

“Tidak hanya terdapat Danau Toba yang menjadi destinasi pariwisata super prioritas, tapi banyak sekali destinasi wisata lainnya yang dapat dikembangkan, seperti Bukit Lawang dan Tangkahan,” kata Sandi dalam keterangannya, Kamis 6 Januari 2021.

Daerah wisata Bukit Lawang saja msisalnya, sudah termasuk ke dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi hewan endemik orang utan.

“Sehingga wisatawan yang berkunjung dapat melihat habitat orang utan yang hidup liar, selain itu wisatawan dapat melakukan trekking di pinggir hutan Taman Nasional Gunung Leuser, memancing, hingga berkemah,” katanya.

Begitupun dengan Tangkahan yang telah memiliki unique selling point lantaran terdapat gajah Sumatera yang berlalu lalang. Pemandangan itu tentunya sangat diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara yang ingin mencari pengalaman wisata yang berbeda.

Menparekraf pun menyatakan siap mendukung secara all out pengembangan destinasi lainnya di Sumatera Utara. Ia pun mendukung hadirnya desa wisata yang dapat dikembangkan. Sumatera Utara sendiri telah memiliki dua desa terbaik yang masuk ke dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yakni Desa Huta Tinggi dan Desa Tipang.

“Tentunya saya sangat mendukung, mudah-mudahan ini juga menjadi kebangkitan ekonomi kita yang membangun kesejahteraan untuk masyarakat. Membangun desa wisata ini nantinya dapat dilakukan dengan travel pattern supaya community base tourism juga terbangun,” katanya.

Tags : Parekraf , Wisata Sumut