Harga Kedelai Kembali Naik di Pasaran

| Kamis, 03/02/2022 11:50 WIB
Harga Kedelai Kembali Naik di Pasaran Komoditas Kedelai (Doc: CNBC)

RADARBANGSA.COM - Harga komoditas kedelai di pasaran kembali dilaporkan meningkat.

Sesuai dengan pernyataan para pengrajin tahu dan tempe di Jawa Tengah, harga kedelai mencapai Rp10.200 per Kg dalam dua pekan terakhir.

“Harga kedelai di pasaran saat ini sudah mencaapai Rp 10.200 per kilogram dan sudah bertahan dalam dua pekan terakhir,” ungkap Ketua Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu (Puskopti) Jawa Tengah,  Sutrisno Supriantoro, dikutip MSN, Kamis 3 Januari 2022.

Sebelumnya dua pekan lalu harga kedelai di masih berkisar Rp 9.000 per kilogram. Kenaikan sebesar Rp 1.200 per kilogram itu dinilai sangat memberatkan bagi para perajin tahu dan tempe.

Bahkan sebagian perajin ini berencana untuk mogok produksi dan melakukan unjuk rasa.

Sementara itu di pasar internasional, Komoditas Kedelai Chicago melesat ke puncak delapan bulan pada perdangan Rabu Sore. Kurangnya pasokan dari panen Amerika Selatan dan tingginya permintaan ekspor mengangkat pasar untuk sesi ketujuh berturut-turut.

“Komoditas kedelai naik USD30 didorong cuaca Amerika Selatan, tetapi pasar menjadi sedikit toppy (pasar mencapai titik tertinggi yang tidak berkelanjutan)," kata Ted Seifried, analis Zaner Group, dikutip Reuters.

Itu menciptakan kekhawatiran bahwa petani AS perlu menanam lebih banyak musim semi ini untuk mengisi kembali persediaan.

Tags : Kedelai , Harga kedelai

Berita Terkait