Stok Batubara di PLTU dalam Kondisi Cukup

| Jum'at, 04/02/2022 16:20 WIB
Stok Batubara di PLTU dalam Kondisi Cukup Tambang Batubara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT PLN (Persero) menyatakan jika stok batubara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dalam kondisi aman.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pasokan batu bara di 17 pembangkit yang sebelumnya dalam kondisi kritis, kini rata-rata telah mencapai 15 hari operasi (HOP).

"Dengan dukungan pemerintah dan seluruh stakeholders, pasokan batu bara telah sesuai rencana. Dan ke depan kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga pasokan batu bara untuk bahan bakar PLTU melalui pengamanan secara berlapis," ujar Darmawan, Jumat 4 Februari 2022.

Darmawan mengungkapkan, PLN telah melakukan perubahan paradigma dalam monitoring dan pengendalian pasokan batu bara, yang semula berfokus pada pengawasan di titik bongkar (estimated time of arrival/ETA) menjadi berfokus di titik muat/loading.

"Dengan ini maka jika ada potensi kegagalan pasokan karena ketersediaan batubara maupun armada angkutannya, akan dapat dideteksi lebih dini dan corrective action dapat dilakukan as early as possible sehingga kepastian pasokan dapat lebih terjaga," terang Darmawan.

Tags : batubara , pltu

Berita Terkait