Serap 97% Tenaga Kerja Lokal, UMKM Jadi Andalan Pemerintah

| Senin, 28/03/2022 11:41 WIB
Serap 97% Tenaga Kerja Lokal, UMKM Jadi Andalan Pemerintah Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung UMKM agar semakin tangguh dan naik kelas.

Hal tersebut dilakukan mengingat UMKM memiliki peran yang sangat besar bagi perekonomian nasional yaitu berkontribusi lebih dari 61% terhadap PDB Indonesia dan menyerap 97% total tenaga kerja nasional.

“UMKM adalah andalan Pemerintah. Pemerintah terus mendorong pembiayaan UMKM dan Pemerintah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 3% per tahun hingga akhir tahun ini,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin 28 Maret 2022.

Dia menjelaskan besarnya KUR bisa kurang dari 10 juta rupiah, atau 10-100 juta rupiah tanpa jaminan. Dan yang selanjutnya adalah 100-500 juta rupiah.

Disamping itu pemerintah juga menyediakan dana yang cukup besar yaitu 373 triliun rupiah untuk satu tahun.

“Jadi, ini banyak sekali yang bisa didorong untuk mendapatkan KUR,” kata Menko Airlangga.

Disamping itu dengan target Presiden Joko Widodo yang mengharuskan penyerapan barang dari Kementerian/Lembaga ke ke UMKM lokal harus menjadi momentum perbaikan kinerja UMKM.

“Kita tidak usah muluk-muluk, dibelokkan 40% saja dan itu bisa memacu pertumbuhan ekonomi kita. Barangnya kita beli barang di dalam negeri, berarti akan ada investasi, yang berarti juga membuka lapangan pekerjaan. Tadi sudah dihitung bisa membuka 2 juta lapangan pekerjaan,” tegas Presiden Joko Widodo.

Tags : UMKM , Tenaga Kerja

Berita Terkait