Konsumsi BBM Diprediksi Naik 29% di Puncak Arus Mudik

| Jum'at, 22/04/2022 11:39 WIB
Konsumsi BBM Diprediksi Naik 29% di Puncak Arus Mudik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Pertamina memproyeksi bahwa akan ada kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga 29% pada puncak arus mudik atau tanggal 29-30 April 2022.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan gasolin akan menjadi BBM dengan kenaikan konsumsi tertinggi saat libur hari Raya Idul Fitri nanti.

"Kita sudah memprediksi akan ada kenaikan kebutuhan BBM saat ada peningkatan arus mudik minggu ini, dan kita akan lihat puncaknya di tanggal 29-30 April 2022, di tanggal tersebut kita perkirakan akan ada kenaikan kebutuhan hingga 29% dari rata-rata, terutama gasolin. Kalau solar justru menurun, karena mulai tanggal H-5 sudah tidak boleh beroperasi di jalan tol," ujar Nicke dalam keterangannya, Jumat 22 April 2022.

Nicke pun mengatakan bahwa saat ini posisi stok solar dan gasolin tersedia untuk 23 hari.

Sesuai arahan Menteri ESDM untuk menyediakan BBM bagi pemudik, Pertamina telah memasok SPBU modular (Pertashop) di beberapa rest area yang belum memiliki SPBU.

"Kita sudah melihat-lihat rest-rest area yang belum ada SPBUnya kita sudah tambah dispenser-dispenser, pertashop-pertashop kita tempatkan di sana sehingga sekarang semua rest area ada SPBUnya," jelas Nicke.

Tags : Stok BBM

Berita Terkait