Wapres Dorong Ekonomi Syariah Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi Global

| Jum'at, 10/06/2022 22:21 WIB
Wapres Dorong Ekonomi Syariah Jadi Solusi Pemulihan Ekonomi Global KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin mendorong pemerintah Indonesia memanfaatkan forum G20 mendatang untuk menawarkan ekonomi syariah sebagai solusi pemulihan ekonomi global.

"G20 dapat dimanfaatkan untuk menawarkan ekonomi syariah sebagai solusi pemulihan ekonomi global yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Kiai Maruf dilansir dari antaranews, Jumat, 10 Juni 2022.

Disampaikannya, G20 dapat semakin memperkuat sinergi antar-ahli ekonomi Islam dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dan global, maupun juga perwujudan cita-cita Indonesia untuk menjadi pusat produsen halal terkemuka dunia. Wapres mengingatkan pemulihan ekonomi global masih dibayangi berbagai risiko dengan
kejadian-kejadian luar biasa, mulai dari krisis iklim hingga peperangan yang turut menimbulkan disrupsi pasokan pangan dan energi dunia, serta memicu laju inflasi dan mencapai rekor tertinggi di banyak negara.

Namun, tuturnya, Presidensi G20 yang saat ini dipegang Indonesia dapat dijadikan momentum pemulihan ekonomi global. "Indonesia perlu berkolaborasi bersama negara-negara anggota G20, agar dunia mendapatkan manfaat jangka panjang pada tiga sektor prioritas yaitu penguatan arsitektur global, transformasi digital dan transisi energi," jelasnya.

Wapres menekankan kemajuan ketiga sektor prioritas tersebut hanya dapat diwujudkan apabila seluruh elemen bangsa Indonesia bersinergi dan mendorong tumbuhnya inovasi. "Kita harus mampu melahirkan inovasi-inovasi serta gagasan-gagasan baru untuk memuluskan jalan menuju pemulihan ekonomi global," tuturnya.

Wapres mengatakan sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia harus menunjukkan bahwa ekonomi Islam adalah sebuah solusi bagi pemulihan ekonomi global yang berkeadilan, yang dapat menyentuh semua lapisan masyarakat.

Tags : Wapres , Maruf Amin , G20 , Ekonomi Syariah , Indonesia