Akselerasi Pembayaran Digital, BI Luncurkan SIAP QRIS

| Senin, 05/09/2022 20:29 WIB
Akselerasi Pembayaran Digital, BI Luncurkan SIAP QRIS Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) kembali meluncurkan program S.I.A.P QRIS (Sehat, Inovatif, Aman, Pakai QRIS) dan BI Fast sebagai kelanjutan upaya dalam mengakselerasi pembayaran digital nasional, khususnya di wilayah Soloraya, pada Minggu, 4 September 2022.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mendorong pertumbuhan ekonomi melalui konsumsi masyarakat dengan pendapatan ekonomi menengah ke atas. Menurutnya, dengan program SIAP tersebut dapat mempercepat UMKM menerima langsung uang untuk perputaran transaksi.

“Dengan QRIS dan BI FAST proses transaksi menjadi cepat sehingga UMKM dapat langsung menerima uang untuk perputaran usahanya,” kata Perry Warjiyo.

Disamping itu, kata Perry, QRIS sudah tersambung antar negara (Thailand) dan ke depan akan diperluas hingga ke ASEAN, “QRIS yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal (cemumuah) dapat meningkatkan belanja masyarakat, sehingga SGS diharapkan dapat lebih sukses dari  tahun sebelumnya,” tambahnya.

Perry menuturkan, QRIS merupakan program pencanangan pasar dan pusat perbelanjaan yang sehat, inovatif, aman pakai QRIS untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Komitmen QRIS Peritel Soloraya merupakan kelanjutan upaya digitalisasi ekosistem pembayaran yang sebelumnya sudah diterapkan melalui program SIAP QRIS pada pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan UMKM di Soloraya,” tukasnya.

Tags : BI , QRIS , Program SIAP