Tiongkok Teken Kontrak Impor 1 Juta Ton CPO Indonesia

| Senin, 14/11/2022 12:41 WIB
Tiongkok Teken Kontrak Impor 1 Juta Ton CPO Indonesia Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Tiongkok telah menandatangani kesepakatan impor CPO Indonesia sebesar 1 Juta Ton pada Bulan November 2022. Total kontrak impor ini senilai USD2,6 miliar.

Dalam kesempatan itu Tiongkok juga menyepakati 16 kontrak dagang pembelian 2,5 juta ton produk CPO dan turunannya asal Indonesia dengan nilai USD 2,6 miliar.

Penandatangan ini dilakukan oleh 9 pelaku usaha Indonesia dengan 13 buyers Tiongkok binaan CFNA.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi Pemerintah Tiongkok, Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, serta semua pihak atas dedikasi dalam mewujudkan kontrak kerja sama ini.

"Tidak lupa, saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama dan dukungan dari asosiasi dan pelaku usaha Tiongkok dan para asosiasi, serta pelaku usaha produk kelapa sawit Indonesia yang berperan aktif meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara," imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan berharap, dukungan Kementerian Perdagangan Tiongkok dalam upaya penanganan hambatan ekspor produk perikanan Indonesia dan bantuan kemudahan untuk masuk ke pasar Tiongkok.

Selain itu, diharapkan juga dukungan dan peran serta Pemerintah Tiongkok dalam upaya meningkatkan kerja sama perdagangan yang seimbang, saling menguntungkan, dan berkesinambungan bagi kepentingan kedua negara.

Tags : CPO , Impor CPO , Tiongkok