Bulog Sebut Stok Beras Cukup untuk Memenuhi Kebutuhan Ramadhan-Idul Fitri

| Jum'at, 20/01/2023 21:27 WIB
Bulog Sebut Stok Beras Cukup untuk Memenuhi Kebutuhan Ramadhan-Idul Fitri Budi Waseso (Dirut Perum Bulog). (Foto: gencilnews)

RADARBANGSA.COM - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyampaikan bahwa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersimpan di gudang Bulog saat ini mencapai 680.000 Ton. Direktur Utama Perum Bulog, Budi waseso atau akrab disapa Buwas menuturkan bahwa stok tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan beras pada saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

"Stok sekarang lebih dari 600 (ribu ton), untuk puasa-lebaran sangat cukup," kata Buwas dalam konferensi pers yang dipantau dari Jakarta, Jumat, 20 Januari 2023.

Adapun stok tersebut akan disalurkan melalui lewat pasar atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Ia mengatakan stok beras tersebut akan dihabiskan hingga Lebaran untuk menjaga kestabilan harga.

Hal itu dilakukan, kata dia, karena menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2023
diprediksi panen raya dimulai, sehingga selanjutnya Bulog akan menyerap beras petani. "Ada data BPS, Menteri Pertanian, Maret-Juni sudah mulai awal panen raya. Saya sampaikan tadi target minimal 1 juta (ton) kita ambil dalam porsi banyak, kalau bisa 2 juta (ton) kenapa harus 1 juta (ton)," tuturnya.

Tags : Bulog , Beras , Ramadhan , Idul Fitri , CBP