BBM dan Beras Sumbang Inflasi Januari

| Rabu, 01/02/2023 16:14 WIB
BBM dan Beras Sumbang Inflasi Januari Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Januari 2023 terjadi inflasi sebesar 0,34 persen secara bulanan dan inflasi secara tahunan sebesar 5,28 persen.

Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan komoditas penyumbang inflasi tertinggi secara bulanan adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Jika dirinci kelompok penyumbang inflasi ini adalah Bensin (BBM) sebesar 1,07 persen, Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,24 persen dan Beras 0,24 persen. 

“Inflasi tahunan Januari relatif masih tinggi karena merupakan akumulasi perubahan harga dalam setahun terakhir, termasuk inflasi pasca penyesuaian BBM,” kata Margo dalam konferensi pers virtual, Rabu 1 Februari 2023.

Dari kelompok makanan, minuman dan tembakau komoditas penyumbang inflasi terbesar secara month to month adalah beras, cabai merah, ikan segar, cabe rawit dan rokok kretek filter. Sementara kelompok penyumbang deflasi terbesar dari tarif angkutan udara, bensin dan telur ayam ras.

"Kelompok transportasi menyumbang deflasi sebesar 0,15 persen dimana tingkat deflasinya sebesar 1,15 persen," lanjutnya. 

Perkembangan inflasi pada Januari 2023 secara mtm terjadi di 80 kota. Sedangkan yang mengalami deflasi sebanyak 10 kota. Untuk inflasi tertinggi terjadi di Gunungsitoli sebesar 1,87 persen. Kemudian deflasi terdalam terjadi di Timika sebesar -0,60 persen.

Tags : BBM , Beras

Berita Terkait