Siap-siap! Harga Mobil LCGC Bakal Naik 5 Persen

| Selasa, 21/02/2023 20:30 WIB
Siap-siap! Harga Mobil LCGC Bakal Naik 5 Persen Honda Brio. (Foto: twitter @hondaisme)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan harga mobil Low Cost Green Car (LCGC) akan naik sebesar 5%. 

Disampaikannya, Dalam beleid yang termaktub Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah, harga jual paling tinggi untuk LCGC adalah Rp135 juta. Sehingga dengan kenaikan 5%, harga patokan mobil LCGC menjadi sekitar Rp141 juta.

"Jadi saya umumkan ancer-ancer penyesuaian (kenaikan harga) LCGC sebesar 5%," kata Agus di Karawang, Jawa Barat, Selasa, 21 Februari 2023.

Menurutnya, pembaharuan harga patokan mobil LCGC sudah sepatutnya dilakukan. Hal ini mengingat biaya bahan baku sudah semakin meningkat.

"Bahasanya bukan naikin harga, penyesuaian. Kita paham cost of production seperti bahan baku pasti ada kenaikan, logistic cost pasti ada penyesuaian," tuturnya.

Disampaikannya, penyesuaian ini sudah memperhatikan keseluruhan parameter seperti daya beli masyarakat yang kini mulai pulih dari efek pandemi COVID-19 termasuk memperhitungkan laju inflasi. Ia berharap, penyesuaian tersebut dapat diterima masyarakat luas dan tetap menarik minat pelaku industri otomotif untuk melakukan inovasi dalam produk-produk ramah lingkungan.

Tags : Menteri Perindustrian , LCGC , Mobil , Industri Otomotif

Berita Terkait