BRI: Transaksi QRIS naik 1.000 persen saat Libur Lebaran

| Selasa, 09/05/2023 16:17 WIB
BRI: Transaksi QRIS naik 1.000 persen saat Libur Lebaran Transaksi Pembayaran QRIS (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatat penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BRI melonjak 1.000 persen pada libur Lebaran 2023.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan kenaikan signifikan ini menunjukkan penggunaan QRIS semakin diminati masyarakat karena lebih mudah dan cepat.

"Penopang utama dalam kenaikan ini berasal dari transaksi pedagang (merchant)," katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa 9 Mei 2023.

Tak hanya dari segi kenyamanan dan kemudahan, Andrijanto menambahkan BRI juga menjamin keamanan bagi nasabah selama bertransaksi, khususnya melalui QRIS.

BRI telah melakukan verifikasi data sesuai standar operasional prosedur (SOP), di antaranya mewajibkan pihak pedagang melampirkan kartu tanda penduduk (KTP) yang langsung tervalidasi ke portal Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

Selanjutnya, perjanjian kerja sama wajib untuk ditandatangani pihak pedagang guna mencegah adanya penyajian laporan keuangan palsu secara sengaja atau tipuan QRIS.

Sementara dari sisi pembeli, ia menuturkan usai pembayaran dengan QRIS melalui aplikasi mobile banking BRImo akan ditampilkan nama pedagang QRIS secara lengkap sehingga nasabah lebih mudah memastikan kesesuaiannya.

"Kehati-hatian dalam bertransaksi QRIS harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat, baik dari sisi pedagang QRIS, pembeli, pengakuisisi penyedia jasa pembayaran (PJP), maupun penerbit, sehingga transaksi berjalan aman dan lancar," tutur Andrijanto.

Tags : BRI , QRIS

Berita Terkait